Singapore
Biar gak bosan, yuk ngacir sebentar ke negeri tetangga di Asia Tenggara, kurang dari 1 jam perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta, ya benar... negeri Merlion, Singapore. Simak selengkapnya di sini, jalan-jalan bersama rambing.com

Changi Airport, menjadi pijakan pertama di negeri orang. Sebelum pesawat mendarat, dari dalam pesawat sudah terlihat indah dan megahnya kota Singapore. Jadi kembali ingat saat-saat honeymoon pertama di tahun 2004, saat itu inap di Crown Prince Hotel. Bandara Changi terlihat megah, canggih, rapi dan bersih. Papan petunjuk arah juga cukup banyak, cukup membantu untuk mengurangi pertanyaan pada petugas bandara. Lanjut jalan-jalan menuju pusat perbelanjaan, sebelum ke hotel, yaitu ke Orchard Road. Changi Airport terletak di ujung timur Singapore, merupakan salah satu bandara tersibuk di Asia. Jangan lupa beli kartu Ez-link di stasiun MRT atau 7-Eleven, bisa di pakai untuk bayar jalan-jalan pake bis dan MRT, biar lebih hemat dan lebih mudah.



Perjalanan di lanjutkan menggunakan MRT , waktu di tempuh sekitar 30 menit, tiba di stasiun Orchard, bisa lanjut jalan kaki ke pusat perbelanjaan terdekat. Alternatif lainnya dari Changi menuju Orchard Road menggunakan taksi. Beberapa pusat perbelanjaan terdekat yaitu: Paragon Shopping Centre, Takashimaya Dept Store, ION Orchard Mall, dll.  Kalau sudah lapar, kalau butuh nasi putih, cari rumah makan yang sajikan masakan khas Indonesia, India dan Malaysia. MRT apaan sih ? Mass Rapid Transit. Kereta listrik gitu lho.Cukup bersih dan nyaman. 

Singapore

Singapore

Singapore

Singapore
Beberapa tempat wisata yang disarankan untuk di kunjungi selama berada di Singapore yaitu:

  • Universal Studio
  • Merlion Park
  • Gardens by The Bay

dan masih ada lainnya, tapi baru sempat mampir ke situ aja.

Singapore
Trotoar di sini bersih banget lho, gak ketemu lembaran koran berserakan, gak ketemu bekas bungkus makanan ringan, gak ketemu botol plastik kosong bekas air mineral gelimpangan, gak ketemu botol kaleng bekas air soda. Berasa aman berjalan di trotoar, tidak ada motor mobil parkir di trotoar, tidak ada motor yang nekat jalan di trotoar karena macet. Tidak ditemukan penjual baju di  trotoar, tidak ditemukan penjual nasi goreng di trotoar, tidak ditemukan penjual jam tangan di trotoar, tidak di temukan penjual pisang goreng di trotoar.

Singapore

Mata uang Singapore adalah Dollar Singapore. Nilai 1 Singapore Dollar lebih tinggi dari Rupiah, pada 20 Januari 2018 sekitar 10.121. Sebelum berangkat, jangan lupa beli Dollar di Bank atau Money Changer terlebih dahulu. Jangan kaget saat beli air mineral dalam kemasan botol, harganya jauh lebih mahal daripada di Jakarta.

Penerbangan yang pernah saya gunakan yaitu Garuda Indonesia dan Air Asia, jarang ketemu ama delay, hehehe. Kalau ingin murah alias irit, bisa coba Air Asia. 

Bahasa Inggris, bahasa nasional di sana,  ada manfaatnya jika anda mahir menggunakan bahasa inggris dalam lisan dan tulisan untuk bercakap-cakap atau melakukan transaksi dengan warga Singapore. Tapi jangan kuatir, jika sedang beruntung, anda bisa bertemu dengan pekerja dari Indonesia, seperti saya bertemu di Universal Studio saat beli soda dalam botol besar. Di Bugis Junction, saat beli souvenir untuk hadiah untuk teman-teman dan keluarga di Jakarta, banyak pedagang yang mahir menggunakan bahasa Indonesia. Di hotel Crown Prince, saya juga beruntung, bertemu dengan staf hotel dari Malaysia, bisa nyambung lah kalau bicara. Alternatifnya, bawa pulpen dan kertas untuk transaksi tanya harga...hahahaha.

Antri, biasakan antri ! Jangan bikin malu ! Jadilah "Turis yang Cerdas" ! Saat bayar belanjaan di kasir toko, harus bisa dan mau antri. Saat berada di antrian arena permainan, harus bisa dan mau antri.

Mau irit dan berlama-lama di sana ? inap di apartemen yang di sewakan, jauh lebih murah daripada harga sewa kamar hotel. Kunjungan ke 3, saya dan keluarga besar inap di Amaryllis Ville di 22 Newton Road, bisa 3 hari habiskan tahun baru di sana. Kamar yang digunakan kebetulan punya orang Indonesia juga, saat itu hanya bayar Rp. 300.000,- per malam, dapar info dari teman yang bekerja di salah satu bank swasta di sana.

Alternatif lainnya, untuk yang niat jalan-jalan, bukan ngetem di hotel, cari hotel terdekat dengan stasiun MRT, mudah dan irit keliling Singapore. Kunjungan ke 2, saya inap di V Lavender Hotel, deket banget sama Stasiun Lavender. Sudah check-out, tetap bisa titip barang bawaan alias koper dan tas, lanjut belanja hingga sore. Dapat info hotel ini dari teman kantor yang uda pernah ngacir ke sini.

Yuk jalan-jalan, buka mata, buka wawasan, buka pikiran, usir bosan, kumpulkan moment bahagia bersama istri dan anak-anak.

Pasti terkenal iklan di sini. iklan online terbaik ada di sini, bukan pasang iklan di tempat yang lain.