Kopi

Kopi, si hitam yang dapat di minum untuk menghilangkan haus, menghilangkan kantuk, menghilangkan suntuk dan mendatangkan inspirasi. Kopi, hasil olahan biji kopi yang telah di sangrai dan di haluskan menjadi bubuk, di seduh dengan air panas, menebarkan aroma dan rasa yang khas. You will never drink coffee alone.

Foto di atas adalah Biji kopi yang sudah di sangrai (Roasted Bean), kopi arabika sipirok.  Please Bookmark & Share This Post. Seriously. 

2 varietas kopi yang paling dikenal yaitu: kopi robusta dan kopi arabika

Sedikit tentang kopi arabika. Biasanya tumbuh di dataran tinggi, daerah dengan ketinggian 700 hingga 1700 meter diatas permukaan laut. Karakter rasa cenderung asam.
Sedikit tentang kopi robusta. Mampu tumbuh di dataran rendah, daerah dengan ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut. Kopi robusta cenderung lebih pahit dibandingkan kopi arabica.

Varietas kopi lainnya yaitu: kopi liberika dan kopi excelsa.

Beberapa jenis kopi yang pernah beli dan minum yaitu:

  • Arabika Sipirok
  • Arabika Semendo
  • Robusta Toraja
  • Robusta Bali
  • Robusta Sidikalang
  • Robusta Aceh

Kopi Hitam, kopi tubruk, kopi panas, kopi tanpa gula, kopi pagi untuk saya. Cara pembuatan yang paling mudah, paling murah sekaligus paling cepat adalah kopi tubruk. Tidak pake rumit, hanya gelas kosong di isikan kopi bubuk sebanyak 2 sendok makan (sesuai selera masing-masing ya), di isikan air panas, di aduk-aduk, tunggu beberapa saat hingga panas berkurang, dan seruput perlahan hingga hanya tersisa ampas kopi.

Kopi

Foto di atas adalah bubuk kopi arabika semendo yang sudah digiling kasar.

Jika tidak bisa (belum bisa) menikmati kopi pahit alias kopi tanpa gula, silahkan tambahkan dengan 1 sendok teh gula pasir. Pilihan lainnya, tambahkan dengan krim kental manis putih atau susu UHT.  

Jika tidak bisa menikmati kopi dengan sisa (baca: ampas) kopi tapi tidak mau kopi sachet, bisa buat kopi menggunakan Vietnam Drip atau V60 dan kertas filter.

Kopi
Foto di atas adalah kopi tubruk, kopi tanpa gula, kopi hitam, kopi pahit.

Kopi Tubruk adalah Kopi Mandiri, tetap bisa memberikan kenikmatan pada peminumnya, walaupun tanpa gula, tanpa susu, tanpa madu.

Kopi Tubruk adalah Kopi Sederhana, tampil hitam apa adanya. Jujur memberikan rasa aslinya. Hanya butuh gelas, sendok, air panas dan kopi untuk dapat menikmatinya.

Manfaat menikmati kopi tanpa gula:

  • Bisa merasakan cita rasa asli dari kopi tersebut. Tidak semua kopi hitam itu pahit, kopi arabika yang di roasting medium atau medium to dark, bisa berikan aroma dan rasa asam buah (frutty), bahkan bisa berikan rasa wine, tapi tidak bikin mabuk lho, dan warnanya tidak hitam legam, hampir merah (kemerahan).
  • Meningkatkan daya ingat.

Silahkan tambahkan manfaat kopi menurut anda di kolom komentar.

Kopi Strong, pernah denger perkataan "kopinya strong ya" di kafe ? artinya dia minta kopi yang kental, kopi yang lebih hitam, tentunya lebih pahit dan kafein lebih tinggi. 

Untuk anda yang memiliki masalah tidur (susah tidur di malam hari), sangat di sarankan untuk hindari minum kopi di malam hari, lebih baik banyak berdoa, baca kitab suci, baca buku, ngobrol dengan pasangan masing-masing.

Selanjutnya terserah anda, silahkan simak:

Jika anda seorang penikmat kopi, pecinta kopi, coffeelover, coffeeaddict, coffeeholic, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah. Setiap orang berhak untuk mendapatkan kopi yang nikmat, begitupula dengan anda.

Jika sekarang sudah malam, selamat malam, semoga kopi sore yang telah anda minum mampu berikan mimpi indah dalam tidur malam ini, hingga tersisa kenangan indah.

Jika sekarang masih pagi, selamat pagi, semoga kopi pagi anda memberikan gairah dan semangat dalam menjalani aktifitas di hari yang baru, penuh dengan harapan.

Jika sekarang sudah siang, selamat siang, semoga kopi siang anda mampu hapuskan penat, bosan dan lelah anda. Selesaikan hari ini dengan kemenangan dan kesuksesan.  

Add comment


Security code
Refresh

0
0
0
s2smodern