Tips Ngopi di Kafe

Mau ngopi di Kafe? Mau ngopi cantik nan asik di kafe ? Simak tips ngopi di kafe, selengkapnya di rambing.com. My Coffee My Treasure, My Coffee My PleasurePlease Share This Post. Seriously. 

Jangan takut, jangan malu bila datang ke kafe hanya seorang diri. Bayar kopi pake duit sendiri, bukan hasil dari tindak kriminal. Jika datang sendiri, lebih mudah dan lebih leluasa pilih posisi alias pilih tempat duduk. Jika butuh sendiri, lagi cari inspirasi, lagi cari ide cemerlang, lagi butuh kerjain tugas yang belum selesai dari kantor / dari kampus, silahkan cari tempat di pojokan. Jika butuh ditemani, bisa duduk dekat meja barista, ngobrol dengan baristanya atau gabung dengan pengunjung lainnya, jangan lupa kenalan dan permisi dulu ya.

Harga dan menu, biasanya sudah ada di meja atau di papan menu. Di pintu masuk, biasanya ada petunjuk menu istimewa hari ini, menu terlaris dan menu baru, lengkap dengan harganya. Cara lainnya, sebelum masuk ke kafe, buka dulu rambing.com , semoga kafe yang sedang di tuju sudah pernah di kunjungi oleh admin.

Beberapa menu yang umum di kafe:

  • Espresso, cangkirnya kecil banget (jangan kaget waktu di anterin ke meja), rasa pahit dominan (bila pesan kopi robusta), rasa asam / rasa buah / rasa wine (jika beruntung dapat kopi arabica) . Kalau pengen cepet melek tanpa buang banyak waktu karena super sibuk, cobain deh. Espresso adalah hasil ekstraksi biji kopi yang sudah di giling, di semburkan air panas di bawah tekanan tinggi.
  • Americano, cangkirnya lebih besar, isinya lebih banyak, merupakan Espresso ditambah air panas. Sering di panggil juga sebagai "Longblack". Masih tetap pahit, bisa tambah gula pasir atau gula cair.
  • Affogato, biasanya pakai gelas atau mug, merupakan Espresso yang ditambahkan Es Krim Vanilla. Sudah berkurang jauh pahitnya kopi. Maknyus minum di siang hari. Pertama kali minum di Kedai Kopi Nusantara.
  • Cappucino, hasil penggabungan Espresso, Steamed Milk dan Frothed Milk. Tidak terlalu pahit walaupun tidak tambah gula. Lumayan lah untuk belajar menikmati kopi.
  • Latte, hasil penggabungan Espresso dan Steamed Milk.
  • Macchiato, hasil penggabungan Espresso dan Frothed Milk.
  • Mocha, hasil penggabungan Espresso, Steamed Milk dan Coklat.
  • Espresso Romano hasil penggabungan Espresso dan Lemon.

Dan masih ada banyak lagi lainnya. Biasanya tiap kafe punya menu istimewa yang unik. Contohnya: Kanesiba hanya ketemu di Kedai Kopi Nusantara, Es Kopi Susu Pasar hanya ada di Mata Kopi, Ice Paradise hanya ktemu di Join X Jeera, dll.

Penting untuk di perhatikan, agar tidak kecewa:

  • Tidak semua kafe, tidak semua barista bisa menyajikan kopi dengan latte art yang cantik bentuk: love, tulip, angsa dan kuda. Jadi jangan marah, jangan sedih dan jangan kecewa ya. Kafe yang di sarankan untuk mendapatkan kopi dengan latte art cantik, silahkan mampir ke : Saudagar Kopi, Mata Kopi, Community Coffee.
  • Antri saat pesan dan antri saat bayar, agar di hormati oleh pengunjung kafe lainnya. Tidak harus seperti ini, bisa juga hanya duduk, bisa pesan di tempat dan bayar di tempat.
  • Jangan kaget kalau harga lebih besar dari daftar menu. Biasanya terkena tambahan biaya Pajak dan biaya Service.

Nilai lebih ngopi di kafe:

  • Suasana yang nyaman. Pada umumnya, kafe yang berada di ruko, menempati rumah sendiri atau di dalam pusat perbelanjaan, sudah di lengkapi dengan pendingin udara (AC). Karena berada di dalam ruang tertutup (ada atap dan tembok), jadi tidak kepanasan saat siang hari dan saat matahari bersinar terik, tidak kedinginan atau kebasahan saat hujan turun. Lebih nyaman lagi karena ruangan Smoking Area dan No Smoking Area di pisahkan, karena tidak semua penikmat kopi adalah perokok. 
  • Suasana yang unik dan cantik. Bisa puas bikin foto diri sendiri atau foto rame-rame dengan latar belakang keadaan kafe tersebut. Hasil foto bisa pajang di sosial media deh.
  • Live Music, beberapa kafe sudah menyediakan hiburan tambahan berupa pertunjukan Live Music, biasanya di akhir pekan, di malam hari (note: tidak semua kafe ada).
  • Free Wifi, banyak kafe sudah menyediakan akses internet gratis (note: tidak semua kafe ada lho. mau ngopi atau mau numpang wifi sih ?). 
  • Listrik Gratis (colokan listrik untuk HP). Paling sering liat orang panik di kafe karena batere ponsel nya habis, tiba-tiba tanya "bawa power bank ?", "ada colokan listrik di mana ?" (note: tidak semua kafe ada).

Ngopi di kafe kan mahal bin boros ? Kan ngopi di kafe tidak setiap hari, tidak sehari 3 kali. Sebagai informasi, biaya lainnya di balik harga secangkir kopi di kafe yaitu:

  • Sewa tempat
  • Listrik
  • Internet
  • Gaji karyawan (Barista, kasir, staf dapur, staf kebersihan, staf keamanan, dll).

Ngopi di kafe tidak harus mahal, bisa murah di bawah Rp. 30.000 per cangkir, silahkan coba di:

Setelah kopi di habiskan, sebelum bangun dari tempat duduk, pastikan barang bawaan anda (ponsel, dompet, buku, dll) tidak tertinggal, jangan buang sampah sembarangan, jangan coret-coret di meja dan tembok, jangan bikin ukiran tangan di meja kursi dan dinding. Kalau ada rejeki lebih, sangat di sarankan untuk meninggalkan uang tips, berbagi itu menyenangkan diri sendiri dan orang lain.

Wahai para coffee lover, coffee addict, pecinta kopi, penikmat kopi di manapun anda berada, jangan lupa untuk selalu menikmati kopi indonesia, kopi nusantara. Terima kasih sudah berbagi waktu membaca artikel ini dari awal hingga akhir. Kopi yang nikmat bisa menjadi mood booster untuk peminumnya. Bagaimana dengan anda ? Apakah anda seorang "mood booster" atau "mood killer" bagi orang  lain ?  

Semoga artikel tips ngopi di cafe ini bermanfaat untuk rekan-rekan penikmat kopi di seluruh Indonesia.

Add comment


Security code
Refresh

0
0
0
s2smodern