soreang, bandung, jawa barat
Butuh liburan yang berkualitas bersama dengan keluarga ? Manjakan sekaligus mendidik anak di kebun strawberry yang siap panen di Soreang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Puaskan menghirup udara pegunungan yang segar dan dingin di sini. Puaskan memandang hamparan permadani hijau dengan lekuk tubuh elok alam pegunungan Indonesia di sini. Tidak perlu pergi jauh ke luar negeri. Tidak perlu boros habiskan gaji bulanan. Hanya 30 menit dari pintu tol Kopo, jika tidak macet. Kalau kena macet bisa 1 jam atau lebih. Untuk yang belum pernah berkunjung ke sini, untuk yang takut nyasar, coba aktifkan Waze atau google maps, sinyal Telkomsel Xl dan Indosat cukup bagus untuk di gunakan. Papan hijau petunjuk jalan juga lumayan banyak.
strawberry, stroberi, petik
Anda dan keluarga akan merasa sangat beruntung jika tiba di lokasi saat musim panen Strawberry dan tidak sedang turun hujan.  Kebun strawberry mudah di temukan di sisi kanan dan kiri jalan Soreang, Ciwidey, Ranca Bali  hingga ke Kawah Putih. Tidak ada biaya masuk, tidak di kenakan ongkos karcis masuk, pengunjung bebas petik buah strawberry sebanyaknya, berbekal keranjang buah dan gunting kecil, semua hasil petik buah strawberry akan di timbang, pengunjung bayar hasil petik strawberry tersebut. Rasa strawberry merah tersebut ada yang manis, ada yang rada asem, tapi pasti segar dan puas, tanpa takut menemukan buah yang busuk. Anak-anak anda bermain sekaligus belajar di alam terbuka, memegang daun dan buah strawberry, tidak hanya memegang ponsel. Strawberry yang di petik bisa langsung di makan. Strawberry cukup nikmat dan sehat di jadikan jus buah, di blender dengan es. Puas karena bisa memegang dan memetik langsung buah strawberry dari pohonnya, bukan hanya melihat dari layar televisi atau layar ponsel atau kertas koran atau kertas majalah.

Saat kunjungan 29 Oktober 2017 lalu, saya bisa petik dan bawa pulang daun bawang juga. Puas panen strawberry, lanjutkan dengan makan jagung bakar, makan sate kelinci dan minum kopi di warung kecil di dekat kebun strawberry. Untuk yang hobi jajan alias gak kuat nahan lapar sebentar, bisa puas makan Batagor, Somai, Cilok, Bakso dan Bakwan di pinggir jalan, berupa rumah makan kecil atau gerobak keliling. Oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga, beli pisang molen di Kartika Sari.

Perjalanan dari pintu tol Pondok Aren hingga pintu tol Kopo, ditempuh dalam waktu kira-kira 3 jam, berangkat jam 05.30 WIB, macet di Bekasi hingga Grand Wisata. Isi bensin Shell Super Rp. 300.000,- di Bintaro  bisa untuk perjalanan pulang pergi (bolak balik) pakai Kijang Innova 2015. Untuk para pemilik atau pengguna mobil, sebelum masuk dan memanfaatkan jalan tol, jangan lupa miliki e toll card, jangan lupa pastikan saldo nya di atas Rp. 100.000,- ya. Kalau kebelet buang air kecil dan/atau buang air besar, tidak perlu panik, tidak perlu kebut-kebutan kayak di kejar setan, ada beberapa Rest Area di pinggir tol, bisa sekaligus isi bensin, bisa berhenti sejenak untuk makan dan minum.