Bunker Kaliadem
Bunker Kaliadem, sekarang tidak lagi di fungsikan sebagai tempat perlindungan dari awan panas dan lahar panas, sekarang setiap pengunjung  daerah terdampak bencana letusan gunung Merapi bisa singgah, melihat langsung dan masuk ke dalam bunker tersebut.

Bangunan bunker kaliadem masih tampak kokoh walaupun di beberapa sisi tembok di luar tumbuh rumput dan lumut, pintu besi juga sudah tampak berkarat. Saya beruntung sempat foto dari depan pintu bunker dan foto bagian dalam bunker. Di musim liburan, biasanya jumlah pengunjung cukup ramai, harus antri dengan pengunjung lainnya jika ingin foto dan masuk ke dalam bunker.


Bunker Kaliadem

Saya dan keluarga menggunakan jasa jeep tour Merapi untuk bisa mencapai lokasi Bunker Kaliadem. Jika menggunakan Waze atau Google Maps, saat di lokasi, hanya dari Telkomsel Flash yang bisa online. Catat lokasinya: Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Tidak perlu takut lapar atau kehausan atau kelelahan, di sekitar Bunker Kaliadem ada warung-warung kecil yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Untuk yang kelelahan, bisa nongkrong sebentar sambil minum segelas kopi hitam.

Terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk Bookmark ya. Silahkan Share di sosial media online. rambing.com menyajikan aneka info wisata dan info hotel di Indonesia. Mari jaga keindahan dan keramahan Indonesia.