“Batavia, Passer Baroe, 1820” itulah tulisan timbul di tembok besar gerbang Pasar Baru. Terletak di wilayah kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Memasuki area Pasar Baru, para pengunjung akan di suguhkan tarian air mancur di sisi kiri jembatan. Simak selengkapnya di rambing.com.

Walaupun namanya Pasar Baru, kegiatan jual beli telah berlangsung sejak jaman penjajahan Belanda, sejak tahun 1820, saat Jakarta masih bernama Batavia.

Untuk yang hobi foto-foto, disarankan untuk datang di pagi hari, sebelum jam 10, saat sinar matahari belum terlalu panas menerpa bumi dan pengunjung belum banyak memadati area pasar. Lokasi yang sering dijadikan sasaran latar belakang foto adalah tembok besar gerbang Pasar Baru, sisi kiri jembatan dimana ada tulisan balok merah Pasar Baru, sisi kiri jembatan dimana ada air mancur dan bajaj biru, sisi kanan jembatan dengan latar dinding jembatan.

Untuk yang hobi berburu monster Pokemon Go, ada 2 Poke Stop dan 1 Gym di jembatan Pasar Baru.

Ada aneka toko di area pasar baru seperti toko perlengkapan kantor, toko obat, toko kacamata dan topi, toko baju dan ikat pinggang, toko bahan pakaian atau tekstil, toko aneka sepatu, toko aneka tas dan rumah makan. Untuk para wanita, di pasar baru mudah ditemukan toko-toko yang menjual kosmetik dan perlengkapan salon. Bukan hanya toko-toko kecil, ada beberapa Dept. Store besar di sana.

Di tepian ruas jalan, di area pasar baru, pilihan makanan ringan dan aneka minuman dengan harga yang relatif murah mudah ditemukan. Jika ingin makan tanpa panas alias di ruangan dengan AC, silahkan masuk restoran cepat saji modern. Kalau belum puas belanja atau wisata di Pasar Baru, ada beberapa hotel di sisi depan area Pasar Baru.

Selamat menikmati suasana kota Jakarta.