Info wisata Indonesia dari rambing.com menyajikan situs Kraton Ratu Boko, lebih dikenal sebagai Candi Boko.

Berjarak sekitar 15 menit dari lokasi wisata Candi Prambanan, ke arah selatan, di atas bukit Kidul, Yogyakarta. Area parkir tidak seluas area parkir di lokasi wisata Candi Prambanan. Untuk menuju area utama kraton Ratu Boko, ada beberapa tangga yang cukup tinggi untuk dilewati, namun rasa lelah akan terbayar oleh indahnya pemandangan alam sekitarnya. Gunung Merapi yang besar tampak indah menghiasi salah satu sisi luar kraton Ratu Boko.

Candi Boko tampak seperti pintu-pintu gerbang menuju istana. Tidak ada bangunan besar seperti yang ditemukan di Candi Prambanan atau Candi Borobudur, lebih banyak ditemui lahan besar yang kosong, hanya paparan rumput hijau. Candi Boko adalah bukti sejarah majunya arsitektur dan kebudayaan nusantara di masa lalu. Ratu Boko adalah ayah dari Loro Jonggrang. Inilah istana megah di atas bukit.

Sangat di sarankan untuk mengunjungi Candi Boko di pagi hari. Area Candi Boko sangat luas dan sedikit pohon besar, sedikit pohon rindang, bila tengah hari dan sinar matahari tidak terhalang awan mendung, cuaca akan terasa panas. Pilihan lainnya adalah datang sore hari, menjelang tenggelamnya matahari, bisa menikmati saat-saat pergantian siang menjadi malam, bisa menikmati indahnya langit sore menjelang malam.

Toilet sudah tersedia di pintu depan bagian luar dan bagian dalam, semuanya bersih dan terawat. Tempat sampah juga tersedia dengan cukup di beberapa bagian di dekat loket karcis dan di dalam area menuju Candi Boko. Terdapat beberapa rumah panggung kecil tanpa dinding dan kursi-kursi untuk pengunjung sejenak istirahat.

Terimakasih atas kunjungannya ke rambing.com. Silahkan kunjungi lokasi wisata lainnya di sini. Jangan lupa untuk Bookmark & Share rambing.com.

Info Hotel lainnya: