Info wisata dari rambing.com menampilkan salah satu kekayaan warisan leluhur bangsa Indonesia yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah yaitu Candi Prambanan.

Candi Loro Jonggrang lebih dikenal sebagai Candi Prambanan karena letaknya di daerah Prambanan. Loro Jonggrang adalah gadis jangkung putri Prabu Boko. Candi Prambanan adalah percandian Hindu yang dibangun pada abad IX oleh raja-raja dinasti Sanjaya. Perjalanan dari Bandara Adisucipto menuju Candi Prambanan ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Untuk yang pertama kali berkunjung, manfaatkan aplikasi peta online di ponsel sebagai penunjuk arah seperti google maps atau Waze.

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik berdasarkan kunjungan pada 8 Februari 2016 kemarin yaitu: Rp. 30.000,- per orang dewasa dan Rp. 12.500,- untuk anak-anak usia 3-6 tahun. Loket dibuka sejak jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Pengelola wisata candi Prambanan juga menawarkan tiket untuk paket Prambanan – Ratu Boko dengan harga Rp, 50.000,- per orang dewasa dan Rp. 20.000,- untuk anak-anak usia 3-6 tahun. Jarak dari komplek Candi Prambanan menuju Candi Ratu Boko sekitar 15 menit menggunakan bus yang disediakan pihak pengelola. Lahan parkir yang disediakan penglola wisata Candi Prambanan cukup luas untuk menampung banyak bus besar, mobil pribadi dan motor para pengunjung. Silahkan foto sepuasnya di komplek Candi Prambanan dengan kamera ponsel. Untuk pengunjung yang ingin memiliki kenangan berupa cetakan foto, di depan pintu masuk, ada banyak juru foto cetak langsung jadi yang menawarkan jasanya.

Setelah puas melihat keindahan, besar dan luasnya komplek Candi Prambanan, pengunjung bisa berbelanja souvenir di pasar yang berada di pintu keluar lokasi wisata. Harga yang di tawarkan sangat murah. Silahkan beli oleh-oleh yang banyak untuk rekan-rekan kerja, tetangga dan keluarga di rumah. Souvenir yang di sediakan cukup beragam, seperti: gantungan kunci, sendal, kaos, baju batik, blankon, tas, tali pinggang, miniatur candi prambanan, dompet, dll.



Isi dari komplek Candi Prambanan yaitu:

  1. Candi Siwa. Didalamnya terdapat arca Siwa Mahadewa.
  2. Candi Brahma. Didalamnya terdapat arca Brahma berkepala 4  berlengan 4.
  3. Candi Wisnu. Didalamnya terdapat arca Wisnu bertangan 4 yang memegang Gada, Cakra, Tiram.
  4. Candi Nandi Didalamnya terbaring arca seekor lembu jantan.
  5. Candi Angsa. Hanya satu ruangan tanpa isi.
  6. Candi Garuda. Didalamnya terdapat arca kecil berwujud seekor garuda diatas seekor naga.
  7. Candi Apit
  8. Candi Kelir
  9. Candi Sudut

Candi candi lain di sekitar Candi Prambanan yaitu:

  1. Candi Lumbung, Bubrah dan Sewu
  2. Candi Plaosan
  3. Candi Sojiwan
  4. Candi Boko
  5. Candi Banyunibo
  6. Candi Sari
  7. Candi Kalasan
  8. Candi Sambisari

Terimakasih atas kunjungannya ke rambing.com. Semoga info wisata yang disampaikan bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Syukuri dan bangga akan kekayaan budaya bangsa dengan cara memeliharanya. Selama berada di lokasi wisata, jangan buang sampah sembarangan. Hanya buang sampah di tempat sampah yang telah di sediakan. Jangan meninggalkan coretan-coretan tangan atau ukiran tangan di area wisata.


Indonesia damai, Indonesia indah. Enjoy Indonesia, Visit Indonesia. Please Bookmark & Share rambing.com.

Info hotel lainnya: