Article Index

The Ranch Cisarua

Gak sempat ke Bandung, Gak sempat ke Lembang, padahal kangen berat menikmati suasana Bandung, jangan gelisah galau merana, mampir aja ke The Ranch Cisarua, masih di sekitaran Bogor arah ke jalur Puncak. 

Harga tiket masuk per orang Rp. 20.000,- . Harga masuk mobil alias parkir mobil Rp. 10.000,- .Lokasi wisata ini berada di antara Cimory Riverside dan Taman Wisata Matahari. Tiket masuk jangan di buang, bisa di tukar dengan Susu sapi dengan 3 variasi rasa yaitu murni, coklat dan strawberi. 

The Ranch Cisarua

Alamat lengkapnya di Jl Raya Puncak Km 77, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Keluar dari gerbang tol Ciawi, lokasi wisata ada di sebelah kanan, sebaris sesudah Cimory Riverside. Kalau kena macet parah saat hendak naik ke arah Taman Safari Indonesia, atau saat turun hendak kembali ke Jakarta lewat tol Jagorawi, daripada bete pake banget, langsung masuk, parkir dan wisata keluarga di sini. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

The Ranch Cisarua

Parkir mobilnya luas pake banget, tapi saat hari libur akhir pekan dan hari libur nasional, tetap penuh. Saat berkunjung, pintu masuk ke arah parkiran sudah di tutup oleh petugas parkir, berhubung anak cowok sudah ribut pengen masuk, petugas parkir kalah galak dibandingkan istri, akhirnya mobil bisa masuk dan beruntung disaat bersamaan ada 2 mobil keluar dari area parkir.  

The Ranch Cisarua

Pasar Alkisah, walaupun namanya Pasar, tapi tidak sumpek, banyak warung tenda, ada jajanan siap santap dan aneka souvenir. Dari pintu masuk, langsung belok ke kanan ya. 

The Ranch Cisarua

Es cacah, unik banget saat liat cara penyajiannya, seperti di goreng, seperti bikin martabak manis, tapi yang di cacah itu es campur oreo, kemudian di gulung. Jajanan anak-anak. 

The Ranch Cisarua

Hiburan berikan minum susu dalam botol pada sapi. 

The Ranch Cisarua

Hiburan naik delman. Aman, sudah ada jalurnya sendiri, tidak papasan dengan metromini, kopaja, motor dan bus transjakarta deh. 

The Ranch Cisarua

Hiburan menunggang kuda. Ada jalurnya sendiri, tidak papasan dengan motor dan pejalan kaki. Aman, ini bukan balapan kuda dan di damping 1 petugas. 


The Ranch Cisarua

Hiburan mancing ikan di kolam kecil. Sambil nunggu antrian naik kuda atau naik delman. 

The Ranch Cisarua

Tempat menukar karcis masuk dengan susu sapi dalam botol kecil. Antri yang tertib ya, tidak usah berebutan, semua pasti dapat. Botol kosong jangan buang sembarangan lho.  

The Ranch Cisarua

Bergaya seperti Robin Hood, hiburan memanah target di seberang lapangan. Aman, ujung panah tidak tajam. Ini untuk dewasa.

The Ranch Cisarua

Robin Hood cilik atau Green Arrow Junior. Hiburan memanah untuk anak-anak, jarak dengan target lebih dekat. 

The Ranch Cisarua

Ajar anak kenal dengan alam. Bermain dengan domba di lapangan rumput yang luas. Dampingi anak bermain. Temani anak bermain. Nikmati melihat anak tersenyum. Anak adalah titipan Tuhan pada orang tuanya, bukan pada tetangganya. 

The Ranch Cisarua

Patung kuda kayu, bukan untuk di tumpangi, hanya untuk di jadikan latar belakang foto anda. Silahkan di abadikan dengan kamera ponsel anda. 

The Ranch Cisarua

Puaskan mata memandang air terjun kecil. Jangan berenang di sini. Hanya untuk di jadikan di pandang dan dijadikan latar belakang foto anda.  

The Ranch Cisarua

Rumah kayu, rumah hobbit. Ramai terus di sini. 


The Ranch Cisarua

Rumah dengan halaman berupa taman bunga. Di sini juga harus antri dengan pengunjung lainnya yang foto-foto. Dari pintu masuk, langsung ke sisi kiri. 

The Ranch Cisarua

Taman bunga kecil dengan sungai kecil yang berbatu. Bikin mata segar, bikin pikiran segar, bikin senyum lebar.

The Ranch Cisarua

Ini bukan kafe hiasan, ini kafe beneran, bisa beli aneka minuman dan makanan di sini. Daripada kebanyakan nonton sinetron di televisi, puaskan mata memandang alam dan memandang pengunjung lainnya.

The Ranch Cisarua

Tenda-tenda yang telah di lengkapi dengan meja dan kursi untuk sejenak santai sambil menikmati makanan-minuman dari kafe Gelato. Yuk liburan, biar tidak lekas emosi, biar kumpul inspirasi.

The Ranch Cisarua

Ksatria Baja Hitam, ada di tangga, di sisi kanan. Ini patung beneran, bukan orang di cat. Puas foto-foto di sini, buang kusut di sini ya, jangan bete lagi, senyum dong.

The Ranch Cisarua

Jalur jalan menunggang kuda. 

The Ranch Cisarua

Taman Kelinci, bisa beri makan kelinci dengan wortel, bisa pegang langsung kelinci. Ajar anak untuk kenal dengan hewan imut ini, bukan hanya akrab dengan ponsel. Puas buang bosan dan rutinitas di sini bersama anak-anak.

The Ranch Cisarua

Kalau sudah lapar, berhenti sejenak dan makan di sini, di lantai dasar.  

The Ranch Cisarua

Kalau di restoran di lantai dasar penuh, silahkan naik ke lantai berikutnya. Bonusnya, melihat lebih banyak dan lebih luas area wisata The Ranch Cisarua. 

The Ranch Cisarua

Aneka makanan ringan, aneka jajanan oleh-oleh, ada di sisi kanan pintu masuk setelah tangga.  Dekat patung kepala kuda.

The Ranch Cisarua

Aneka makanan ringan, aneka jajanan oleh-oleh, ada di sisi kiri pintu masuk setelah tangga. Dekat patung kepala kuda.

Memang benar tidak sedingin Lembang Bandung, tapi cukuplah untuk menghibur diri, untuk obati rasa kangen pada Bandung. Selamat berlibur dan menikmati kebersamaan dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Jangan lupa bahagia. 

Add comment


Security code
Refresh