Kantor Pos Museum Fatahillah

Kantor Pos Museum Fatahillah, tidak usang oleh waktu, tidak hilang menjadi debu, gedung besar penuh kenangan di Kota Tua, bangunan bukti sejarah komunikasi di Indonesia. Jangan ngaku orang Jakarta kalo belon pernah ke sini ye. 

Kantor Pos Museum Fatahillah

Alamat lengkap di Jl Taman Fatahillah No. 3 RT 7 RW 7, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia. Paling gampang kalau naik kereta, bisa turun di Stasiun Jakarta Kota, jalan kaki nyebrang deh.

Di depan Kantor Pos ada  banyak sepeda jadul alias sepeda ontel yang di hias aneka warna. Ternyata bukan hanya di depan, tapi di sisi kanan dan di sisi kiri juga ada, berjajar rapi. Boleh di naikin, boleh di pinjam tapi bayar alias di sewakan. Wisata gowes, wisata kayuh sepeda ontel kelilingin lapangan besar di depan kantor pos. Sst..ini bagian dari kenangan banyak orang Jakarta, termasuk saya, tahun 2003 pernah sewa hanya untuk foto-foto hiasan sebelum hari-hari pernikahan. Foto-foto dibuat hitam putih.

Di bagian dalam, di bagian belakang kantor pos di jadikan pelataran parkir motor untuk para pengunjung yang hendak wisata ke Museum Fatahillah, Kantor Pos Museum Fatahilla, Cafe Batavia, Join X Jeera Coffee Shop, Kantor Imigrasi, Taman Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri. Kalau lapar dan haus, di area bagian dalam, persis di depan Kantor Pos ada restoran cepat saji KFC. Bayar parkir motor di sini tidak pakai mahal, tidak pasang tarif, bayar Rp. 5.000 dari pagi sampai sore juga bisa. Patokan menuju pintu belakang yang paling gampang adalah Halte Bus Transjakarta dengan cat Putih. Jangan sampai kelewatan kantor imigrasi, putar lagi deh. 

Kantor Pos Museum Fatahillah

Taman Fatahillah, taman besar di depan Museum Fatahillah. Jika hendak mendapatkan suasana seperti di atas, datang di hari kerja di pagi hari, ini masih jam 8 pagi. Jika datang di hari libur akhir pekan (sabtu, minggu) dan hari libur nasional, penuh banget. Banyak yang main sepeda. Banyak rombongan pengunjung. Bukan cuma main sepeda, di sini bisa liat dan foto bareng dengan "patung manusia seragam tentara" alias orang beneran yang di cat hingga menyerupai patung. Kalo foto bareng, jangan lupa saweran buat ganti biaya pegal-pegal dan bersih-bersih diri si patung. Ada juga "noni belanda" alias wanita dengan bedak tebal pakai baju terusan warna putih hingga ke bawah, kadang pakai topi putih dan payung putih juga. Boleh foto bareng juga, jangan lupa kasi tips ya. Kalo lagi mujur, bisa ketemu ama ondel-ondel, kuda lumping dan pedagang kerak telor juga. Di depan museum wayang biasanya banyak burung merpati yang nangkring. 

Kantor Pos Museum Fatahillah

Ini dia barisan sepeda ontel aneka warna. Silahkan coba, pakai helm putih kayak bang mandor, silahkan boncengan dengan pasangan masing-masing ya.

Selama berada di area wisata kota tua, jangan buang sampah sembarangan ya, sudah ada banyak tong sampah di pinggiran, buang di situ aja ya. Jangan tinggalkan jejak berupa tulisan tangan, cat semprot, tinta spidol di tembok dan di tiang ya. Jangan tempelin kertas atau sticker di tembok atau di tiang berisi jasa sedot wc, jasa tebang pohon, jasa reparasi elektronik. Muke gile, kalo mau pasang iklan di koran, televisi, radio dan web aja ya.  Jakarta Bersih, Jakarta Indah, Jakarta Aman. 

Add comment


Security code
Refresh