Rambing.com, your hotel guide. Penting memiliki kemampuan bahasa asing bagi staf hotel ?

Bahasa asing yang dimaksud adalah bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang paling banyak dipakai oleh wisatawan mancanegara walaupun bukan berasal dari Inggris. Memiliki staf dengan kemampuan bahasa asing dalam lisan dan tulisan adalah memiliki aset berharga yang akan membantu dalam perkembangan dan kemajuan hotel. Melayani dan menjawab pertanyaan pengunjung/tamu hotel sesuai dengan bahasa yang digunakan sehari-hari olehnya berikan kesan menghargai dan lebih akrab karena merasa mudah melakukan komunikasi.

Bahasa asing lainnya adalah bahasa mandarin, Jepang, Prancis, Korea, Italia, dll. Tidak harus menguasai seluruh bahasa asing, tapi tidak rugi memiliki staf dengan kemampuan bahasa asing lainnya (selain bahasa Inggris), lebih lengkap lebih baik. Jika mau lebih akurat, sesuaikan dengan periodik dan banyaknya kunjungan dari wisatawan asing yang menginap di hotel.

Jika tidak ada atau sedikit memiliki staf dengan kemampuan bahasa asing, tidak ada salahnya untuk ikut sertakan dalam kursus/pelatihan bahasa asing khusus untuk staf hotel.

Senyum ramah, sikap sopan, pakaian rapi dan kemampuan bahasa asing dari staf hotel adalah penunjang keberhasilan hotel dalam menerima dan melayani tamu hotel, terutama staf front office / bagian depan hotel.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan simak artikel lainnya, silahkan kembali di lain waktu, semoga menjadi pencerahan untuk setiap pembacanya, khususnya para pengelola hotel, villa, wisma dan rumah singgah.